PC USB Used as Dummy Battery

0 komentar


Apa itu Dummy Battery?
Hmmm...pencatu daya buatan yg bukan berasal dari battery sungguhan om.
Bisa ya? Bisa duong...Pake apa? Pake celana ma baju lah masa gw telanjang!!...kwwkwkwkkww... ok ok serius nehh....

Sebenarnya kita bisa buat sendiri dengan menggunakan tegangan yang berasal dari USB pada PC. Besar Voltase Keluaran pada semua USB dari PC adalah 5 Volt yang tentunya lownoise, tergantung PSU PC (Power Supply Unit) masing2....
Dari USB PC 5Volt akan kita turunkan lagi tegangannya dengan bantuan sebuah dioda searah IN4001

Sedangkan Voltase yg dibutuhkan kebanyakan HP modern rata-rata 3.6v tertera pada battrenya. Tetapi pada kenyataannya tidak seperti itu, (ukur aja sendiri) 4.2v - 4.7v pada kondisi battrei full.
Lalu Arus Yang dibutuhkan HP gw rasa ga akan lebih dari 1Amp/jam, biasanya sih 0,25-0,30Amp pada saat full transceiver dan 0,10-0,20amp pada kondisi internet sedang idle...tergantung juga kekuatan sinyal dari BTS dan kondisi HP-nya juga.
Pada praktek ini gw lagi pake HP Sony Ericsson K600i Oprekan...dengan sinyal 3G yang full(tetep lemot). :-P

HandPhone Sony Ericsson hanya butuh 2 kabel saja sebagai supply-nya.
Sedangkan HP Nokia Butuh 3 kabel sekaligus, yaitu: Plus(+), Minus(-) Dan kabel BSI(Battery Size Indicator). BSI bisa didapat dari penambahan resistor dari kutub Minus(-). Nilai resistornya jelas berbeda2 karena HP Nokia kebanyakan type-nya. Untuk Resistor BSI akan dijelaskan nanti. Sabar yaa...


Bahan yg diperlukan:
1. Siapkan kabel Merah & Hitam 1meter kalau bisa yg kabelnya menyatu.
2. Capit buaya (+) (-) dengan ukuran terkecil yg ada dipasaran
3. 1 buah Dioda searah IN4001 (IN4001 - IN4007) 01 sampai 07 hanya beda block voltagenya saja.
4. Resistor BSI (khusus HP yg butuh line BSI seperti Handphone Nokia)
5. 1 Buah Lampu LED (Light Emitting Dioda). Hanya sebagai indikator (tidak terlalu penting)
6. 1 Kabel USB yang dapat dibongkar ujungnya...klo ga ada jg gpp bisa jg pake yg ujungnya paten
7. Peralatan tempur...seperti solderan, tang potong, isolasi, lem power glue, dll.


Perhatikan bagan skema di bawah ini. Seperti tampak pada gambar Voltase 5v dari PC USB di turunkan dlu melalui dioda IN4002 menjadi kurang lebih 4.3v. Ditambah sebuah resistor yg dirankangkai seri dengan LED menuju kutub Minus, fungsinya hanya sebagai indikator jika USB ditancapkan maka lampu LED akan menyala. Dari Minus ada sedikit tambahan sebuah resistor yang nantinya akan dipakai sebagai indikator volume battery pada Handphone tertentu saja. Nilai2 BSI tidak sama tergantung dari Type Batterai sungguhan yg digunakan. Contoh: pada Handphone Nokia dengan battery BL-5c biasanya BSI berkisar antar 68K sampai 100K ohm terhadap Ground.





Setelah dirakit mengikuti skema di atas hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini



Jika Perakitan sudah selesai casing colokan USBnya bisa diberi lubang lalu ditambal dengan Lem silicon bening sebagai reflektor Lampu LED yang ada didalamnya
Image and video hosting by TinyPic


Lagi ngetes nih hasilnya opreknya diHandPhone SonyEricsson



Kelebihannya:
  • Ga ada istilah lowbatt lagi klo lagi nge-Net.
  • Suhu panas pada battery sungguhan tidak ada lagi.
  • Ga butuh pengecasan secara continue yg bikin battery melakukan pengisian dan pengurasan bersamaan. (bikin jebol battery nih)
  • Cocok banget buat yg PC-nya kaya server OL terus 24jam 7hari seminggu. wwkwkkwkw...
  • Buat nge-flash HP SE dengan Cruiser atau dengan Setool bagus banget pake dummy baterai ini...



Kekurangan:

  • Masalah perkabelan yg tampak ribet menempel pada HP (kabel catu daya)
  • Ketika PC shutdown atau restart, HP otomatis ikut mati. Hal ini tidak boleh terjadi terus menerus!

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Free Automatic Backlink Free Automatic Link Text Backlink Exchanges My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker
True License Panduan Jadi Teknisi Handphone Html Editor by Ireng Blog Baclink by Danang Blog